BAB I
PENDAHULUAN
Microsoft
Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor)
andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Toll Word Untuk
Xenix. Versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai operasi. Misalnya
DOS(1983), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1983). Setelah menjadi bagian
dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Microsoft
Word disebut juga aplikasi sebuah program pengolah kata (Word Processor) yang
dibuat oleh Microsoft Corporation.
Program
ini biasanya dipakai para pemakai komputer untuk menulis kegiatan
tulis-menulis, seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet,
makalah dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan lay out yang tersedia. Kita
juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun
kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat
lengkap.
BAB II
PEMBAHASAN
A. MEMBUAT DAFTAR ISI SECARA BUILT-IN HEADING
STYLES
Gunakan cara ini bila dokumen menggunakan
heading styles seperti Heading 1, Heading 2, dan seterusnya.
1. Klik
pada bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi (biasanya di awal dokumen).
2.
Pada References tab, Table
of Contents group, klik Table of Contents, pilih gaya daftar
isi yang diinginkan.
3.
Format tampilan daftar isi.
Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents dan kemudian klik Insert Table of Contents untuk mengatur hal-hal berikut:
Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents dan kemudian klik Insert Table of Contents untuk mengatur hal-hal berikut:
a.
Tab leader, untuk
membuat tab leader antara teks dan nomor halaman, antara lain: garis putus-putus,
titik-titik atau tidak menggunakan tab leader.
b.
Formats,
untuk memilih format tampilan daftar isi,
seperti: template dokumen (sesuai dengan format yang kita buat), atau format
lain yang sudah disediakan oleh Microsoft Word seperti Classic, Fancy dan sebagainya.
c.
Show levels,
ganti angka pada kotak di sampingnya untuk menambah/mengurangi level heading
yang akan ditampilkan dalam daftar isi.
B. MEMBUAT DAFTAR ISI SECARA CUSTOM STYLES
Gunakan cara ini bila ada judul bab yang
menggunakan custom style atau style yang kita buat sendiri pada heading untuk
daftar isi.
1.
Klik pada bagian halaman
yang ingin ditaruh daftar isi.
2.
Pada References tab, Table
of Contents group, klik Table of Contents, dan kemudian Insert
Table of Contents.
3.
Klik options
4. Di
bagian Available styles, pilih style yang digunakan untuk heading
atau judul bab dalam dokumen dengan mengisi angka pada kotak di TOC
level. Isi angka 1 sampai 9 untuk menentukan level pada style.
5.
Ulangi langkah 4 untuk setiap
style yang ingin disertakan dalam dafta risi.
6.
Klik OK
C. MENG-UPDATE DAFTAR ISI
1. Pada References tab, Table
of Contents group, klik Update Table.
Atau klik di bagian daftar isi sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik Update Table.
Atau klik di bagian daftar isi sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik Update Table.
2.
Klik:
a.
Update page numbers only,
bila perubahan hanya pada nomor halaman karena jumlah halaman
bertambah/berkurang atau format nomor halaman berubah.
b.
Update entire table,
bila ada penambahan/pengurangan heading atau bila ada perubahan teks pada
heading atau judul bab.
D. MENGHAPUS DAFTAR ISI
1.
Pada References tab, Table
of Contents group, klik Table of Contents.
2.
Klik Remove Table
of Contents.
E.
MENAMBAHKAN
ENDNOTE DAN FOOTNOTE
1.
Klik pada bagian yang ingin
disisipkan tanda footnote/endnote.
2. Pada References tab, Footnotes group,
klik Insert Footnote (untuk membuat catatan kaki) atau Insert
Endnote (untuk membuat catatan akhir).
3.
Sekarang kursor akan berpindah
pada bagian untuk mengetik isi footnote/endnote.
Catatan: Secara default, MS Word akan menempatkan isi Footnote di akhir halaman sedangkan isi Endnote di akhir dokumen.
Catatan: Secara default, MS Word akan menempatkan isi Footnote di akhir halaman sedangkan isi Endnote di akhir dokumen.
4.
Untuk
merubah format footnote/endnote, klik tanda Dialog Box Launcher()
pada Footnotes.
5.
Pada kotak dialog Footnote
and Endnote, bagian Format, pilih format angka yang diinginkan.
Bila ingin menggunakan simbol, klik tombol Symbol.
6.
Klik Apply untuk
mengganti format
7.
Selanjutnya di samping angka
ata usimbol, ketik isi footnote/endnote.
8.
Untuk menambah footnote/endnote
lain dengan nomor berurutan, klik pada bagian dokumen yang akan diberi tanda
footnote/endnote dan tekan:
a.
CTRL+ALT+F untuk
footnote.
b.
CTRL+ALT+D untuk
endnote.
F. KUSTOMISASI ENDNOTE DAN
FOOTNOTE
1. Cara Mengatur Format Angka
Endnote dan Footnote
Kadang-kadang
setelah membuat footnote/endnote, kita mungkin ingin mengubah format angkanya.
Gunakan cara berikut ini untuk mengubah format footnote/endnote secara
sekaligus dalam dokumen atau section.
a.
Klik pada section yang akan
diubah format footnote/endnote. Bila dokumen tidak memiliki section, insertion
point bisa ditempatkan di mana saja dalam dokumen.
b.
Pada References tab,
klik Footnote & Endnote Dialog Box Launcher ()
untuk membuka kotak dialog.
c.
Klik Footnotes atau Endnotes.
d.
Pada kotak Number
format, pilih format yang diinginkan. Bila ingin menggunakan simbol, klik tombol Symbol.
e.
Klik Apply.
2. Cara Mengatur Penomoran
Endnote dan Footnote Dimulai Dengan Angka 1 Pada Setiap Halaman atau Section
a.
Pada References tab,
klik Footnote & Endnote Dialog Box Launcher ()
untuk membuka kotak dialog.
b.
Pada kotak Start at,
klik angka 1.
c.
Pada kotak Numbering,
pilih:
·
Restart each section,
footnote/endnote dimulai dengan angka 1 pada setiap section.
·
Restart each page,
footnote/endnote dimulai dengan angka 1 pada setiap halaman.
d.
Klik Apply.
3. Cara Membuat Keterangan
Untuk Endnote dan Footnote yang Panjang
Bila
footnote/endnote terlalu panjang, maka akan disambung pada halaman berikutnya.
Untuk itu kita bisa membuat keterangan agar pembaca tahu bahwa footnote/endnote
ini bersambung ke halaman berikutnya.
a.
Pilih Draft view.
b.
Pada References tab, Footnotes group,
klik Show Notes.
c.
Pada daftar note pane,
klik Footnote Continuation Notice (untuk membuat keterangan di
catatan kaki) atau Endnote Continuation Notice (untuk membuat keterangan
di catatan akhir).
d.
Jika dokumen memiliki
footnote dan juga endnote, akan muncul sebuah kotak dialog. Pilih View
footnote area (untuk melihat catatan kaki) atau View endnote area (untuk
melihat catatan akhir), dan kemudian klik OK.
e.
Kemudian ketik teks untuk keterangan,
misalnya …bersambung ke halaman berikutnya.
f.
Beri format yang diinginkan,
misalnya mengganti tipe font atau membuat cetak miring.
g.
Kembali ke Print
Layout dan perhatikan di baris terakhir footnote/endnote sudah muncul keterangan
yang diketik tadi.
h.
Untuk mengedit keterangan
yang dibuat, ulangi langkah 1-4 dan buat perubahan yang diinginkan.
4. Cara Mengubah Endnote
Menjadi Footnote dan Sebaliknya
1.
Cara Mengubah Sebuah Footnote
Menjadi Endnote dan Sebaliknya
Klik
kanan pada isi footnote/endnote yang akan diubah dan pilih Convert to
Footnote atau Convert to Endnote.
2.
Cara Mengubah Beberapa Footnote
Menjadi Endnote dan Sebaliknya
Catatan: Cara ini untuk merubah beberapa footnote/endnote yang letaknya berurutan.
Catatan: Cara ini untuk merubah beberapa footnote/endnote yang letaknya berurutan.
a.
Pilih Draft view.
b.
Pada References tab, Footnotes group,
klik Show Notes.
c.
Jika dokumen memiliki
footnote dan endnote, akan muncul sebuah pesan. Pilih View footnote
area atau View endnote area, dan kemudian klik OK.
d.
Pada note pane, pilih beberapa
footnote/endnote yang akan diubah (klik footnote/endnote pertama dan geser
mouse untuk memilih footnote/endnote yang lain).
e.
Klik kanan dan pilih Convert
to Footnote atau Convert to Endnote.
Ø Pilih Draft view.
Ø Pada References tab, Footnotes group,
klik Show Notes.
Ø Jika
dokumen memiliki footnote dan endnote, akan muncul sebuah pesan. Pilih View
footnote area atau View endnote area, dan kemudian klik OK.
Ø Pada
note pane, pilih beberapa footnote/endnote yang akan diubah (klik
footnote/endnote pertama dan geser mouse untuk memilih footnote/endnote yang
lain).
Ø Klik
kanan dan pilih Convert to Footnote atau Convert to
Endnote.
3.
Cara Mengubah Seluruh
Footnote Menjadi Endnote dan Sebaliknya
a.
Pada References tab,
klik Footnote & Endnote Dialog Box Launcher ()
untuk membuka kotak dialog.
b.
Klik Convert.
c.
Klik pilihan yang
diinginkan dan klik OK.
d.
Klik Close.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar