Selasa, 30 Juni 2015

MEMBUAT DAFTAR ISI SECARA BUILT-IN HEADING STYLES



BAB I
PENDAHULUAN

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Toll Word Untuk Xenix. Versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai operasi. Misalnya DOS(1983), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1983). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Microsoft Word disebut juga aplikasi sebuah program pengolah kata (Word Processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation.
Program ini biasanya dipakai para pemakai komputer untuk menulis kegiatan tulis-menulis, seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, makalah dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan lay out yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.













BAB II
PEMBAHASAN

A.     MEMBUAT DAFTAR ISI SECARA BUILT-IN HEADING STYLES
Gunakan cara ini bila dokumen menggunakan heading styles seperti Heading 1, Heading 2, dan seterusnya.
1.    Klik pada bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi (biasanya di awal dokumen).
2.    Table of Contents GroupPada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents, pilih gaya daftar isi yang diinginkan.


3.    Format tampilan daftar  isi.
Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents dan kemudian klik Insert Table of Contents untuk mengatur hal-hal berikut:
a.       Tab leader, untuk membuat tab leader antara teks dan nomor halaman, antara lain: garis putus-putus, titik-titik atau tidak menggunakan tab leader.
b.      Formats, untuk memilih format tampilan daftar  isi, seperti: template dokumen (sesuai dengan format yang kita buat), atau format lain yang sudah disediakan oleh Microsoft Word seperti Classic, Fancy dan sebagainya.
c.       Show levels, ganti angka pada kotak di sampingnya untuk menambah/mengurangi level heading yang akan ditampilkan dalam daftar isi.
Table of Contents Tab






                                              




B.     MEMBUAT DAFTAR ISI SECARA CUSTOM STYLES
Gunakan cara ini bila ada judul bab yang menggunakan custom style atau style yang kita buat sendiri pada heading untuk daftar isi.
1.      Klik pada bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi.
2.      Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents, dan kemudian Insert Table of Contents.
3.      Table of Contents OptionsKlik options











4.      Di bagian Available styles, pilih style yang digunakan untuk heading atau judul bab dalam dokumen dengan mengisi angka pada kotak di TOC level. Isi angka 1 sampai 9 untuk menentukan level pada style.
5.      Ulangi langkah 4 untuk setiap style yang ingin disertakan dalam dafta risi.
6.      Klik OK

C.     MENG-UPDATE DAFTAR ISI
1.      Pada References tab, Table of Contents group, klik Update Table.
Atau klik di bagian daftar isi sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik Update Table.
Update Table of Content
2.      Klik:
a.       Update page numbers only, bila perubahan hanya pada nomor halaman karena jumlah halaman bertambah/berkurang atau format nomor halaman berubah.
b.     Update entire table, bila ada penambahan/pengurangan heading atau bila ada perubahan teks pada heading atau judul bab.

D.     MENGHAPUS DAFTAR ISI
1.      Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents.
2.      Klik Remove Table of Contents.

E.     MENAMBAHKAN ENDNOTE DAN FOOTNOTE
1.      Klik pada bagian yang ingin disisipkan tanda footnote/endnote.
2.      Pada References tab, Footnotes group, klik Insert Footnote (untuk membuat catatan kaki) atau Insert Endnote (untuk membuat catatan akhir).
Footnotes Group
3.      Sekarang kursor akan berpindah pada bagian untuk mengetik isi footnote/endnote.
Catatan: Secara default, MS Word akan menempatkan isi Footnote di akhir halaman sedangkan isi Endnote di akhir dokumen.
4.      Footnote and Endnote Dialog BoxUntuk merubah format footnote/endnote, klik tanda Dialog Box Launcher(Dialog Box Launcher) pada Footnotes.












5.      Pada kotak dialog Footnote and Endnote, bagian Format, pilih format angka yang diinginkan. Bila ingin menggunakan simbol, klik tombol Symbol.
6.      Klik Apply untuk mengganti format
7.      Selanjutnya di samping angka ata usimbol, ketik isi footnote/endnote.
8.      Untuk menambah footnote/endnote lain dengan nomor berurutan, klik pada bagian dokumen yang akan diberi tanda footnote/endnote dan tekan:
a.       CTRL+ALT+F untuk footnote.
b.      CTRL+ALT+D untuk endnote.
F.      KUSTOMISASI ENDNOTE DAN FOOTNOTE
1.      Cara Mengatur Format Angka Endnote dan Footnote
Kadang-kadang setelah membuat footnote/endnote, kita mungkin ingin mengubah format angkanya. Gunakan cara berikut ini untuk mengubah format footnote/endnote secara sekaligus dalam dokumen atau section.
a.    Klik pada section yang akan diubah format footnote/endnote. Bila dokumen tidak memiliki section, insertion point bisa ditempatkan di mana saja dalam dokumen.
b.    Pada References tab, klik Footnote & Endnote Dialog Box Launcher (Dialog Box Launcher) untuk membuka kotak dialog.
c.    Klik Footnotes atau Endnotes.
d.   Pada kotak Number format, pilih format yang diinginkan. Bila ingin menggunakan simbol, klik tombol Symbol.
e.    Klik Apply.

2.      Cara Mengatur Penomoran Endnote dan Footnote Dimulai Dengan Angka 1 Pada Setiap Halaman atau Section
a.    Pada References tab, klik Footnote & Endnote Dialog Box Launcher (Dialog Box Launcher) untuk membuka kotak dialog.
b.    Pada kotak Start at, klik angka 1.
c.    Pada kotak Numbering, pilih:
·      Restart each section, footnote/endnote dimulai dengan angka 1 pada setiap section.
·      Restart each page, footnote/endnote dimulai dengan angka 1 pada setiap halaman.
d.   Klik Apply.

3.      Cara Membuat Keterangan Untuk Endnote dan Footnote yang Panjang
Bila footnote/endnote terlalu panjang, maka akan disambung pada halaman berikutnya. Untuk itu kita bisa membuat keterangan agar pembaca tahu bahwa footnote/endnote ini bersambung ke halaman berikutnya.
a.    Pilih Draft view.
Draft View




b.    Pada References tab, Footnotes group, klik Show Notes.
c.    Pada daftar note pane, klik Footnote Continuation Notice (untuk membuat keterangan di catatan kaki) atau Endnote Continuation Notice (untuk membuat keterangan di catatan akhir).
d.   Jika dokumen memiliki footnote dan juga endnote, akan muncul sebuah kotak dialog. Pilih View footnote area (untuk melihat catatan kaki) atau View endnote area (untuk melihat catatan akhir), dan kemudian klik OK.
Footnote Continuance Notice








e.    Kemudian ketik teks untuk keterangan, misalnya …bersambung ke halaman berikutnya.
f.     Beri format yang diinginkan, misalnya mengganti tipe font atau membuat cetak miring.
g.    Kembali ke Print Layout dan perhatikan di baris terakhir footnote/endnote sudah muncul keterangan yang diketik tadi.
h.    Untuk mengedit keterangan yang dibuat, ulangi langkah 1-4 dan buat perubahan yang diinginkan.

4.      Cara Mengubah Endnote Menjadi Footnote dan Sebaliknya
1.    Cara Mengubah Sebuah Footnote Menjadi Endnote dan Sebaliknya
Klik kanan pada isi footnote/endnote yang akan diubah dan pilih Convert to Footnote atau Convert to Endnote.

2.    Cara Mengubah Beberapa Footnote Menjadi Endnote dan Sebaliknya
Catatan: Cara ini untuk merubah beberapa footnote/endnote yang letaknya berurutan.
a.       Pilih Draft view.
b.      Pada References tab, Footnotes group, klik Show Notes.
c.       Jika dokumen memiliki footnote dan endnote, akan muncul sebuah pesan. Pilih View footnote area atau View endnote area, dan kemudian klik OK.
d.      Pada note pane, pilih beberapa footnote/endnote yang akan diubah (klik footnote/endnote pertama dan geser mouse untuk memilih footnote/endnote yang lain).
e.       Klik kanan dan pilih Convert to Footnote atau Convert to Endnote.
Ø  Pilih Draft view.
Ø  Pada References tab, Footnotes group, klik Show Notes.
Ø  Jika dokumen memiliki footnote dan endnote, akan muncul sebuah pesan. Pilih View footnote area atau View endnote area, dan kemudian klik OK.
Ø  Pada note pane, pilih beberapa footnote/endnote yang akan diubah (klik footnote/endnote pertama dan geser mouse untuk memilih footnote/endnote yang lain).
Ø  Klik kanan dan pilih Convert to Footnote atau Convert to Endnote.

3.    Cara Mengubah Seluruh Footnote Menjadi Endnote dan Sebaliknya
a.       Pada References tab, klik Footnote & Endnote Dialog Box Launcher (Dialog Box Launcher) untuk membuka kotak dialog.
b.      Klik Convert.
c.       Klik pilihan yang diinginkan dan klik OK.
d.      Klik Close.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar